5 Pemain Indonesia dengan Nilai Pasar Tinggi yang Berkarier di Luar Negeri

5 Pemain Indonesia dengan Nilai Pasar Tinggi yang Berkarier di Luar Negeri

Beritajasabola.com, Jakarta – Nilai pasar sering jadi referensi untuk ongkos transfer beberapa pemain di penjuru dunia. Tidak kecuali dengan pemain Indonesia yang sekarang ini meniti karier di luar negeri.

Besaran nilai pasar memang tidak ada yang jelas. Angka yang tercantum cuman jadi referensi yang memvisualisasikan perform dan kenaikan kualitas dari pemain.

Faktor ini kerap dipakai club ketika akan mengambil seorang pemain. Kecil besarnya nilai pasar jadi tanda sebuah club untuk dapat tentukan harga membeli dan jual pemain plus prediksi kontrak yang diberi.

Ada pemain yang nilai pasarnya tinggi, tetapi tidak sesuai performanya. Ada juga pemain yang punyai nilai pasar rendah, walau performanya cukup mengagumkan.

Transfermarkt jadi website yang menyuguhkan data nilai pasar dari semua pemain di dunia. Meskipun begitu, nilai yang dihidangkan pasti bukan riel tetapi cuman berbentuk taksiran saja.

Lalu, siapakan pemain Indonesia dengan nilai pasar paling tinggi sekarang ini? Berikut lima nilai pasar paling tinggi punya pemain Indonesia yang bermain di club luar negeri versus Transfermarkt.

Witan Sulaeman (Rp392 Juta)

Witan Sulaeman sekarang ini mempunyai nilai pasar 25 ribu euro (Rp329 juta). Jumlah itu lumayan kecil untuk pemain yang meniti karier di Eropa.

Pemicunya ialah Witan di awal tergabung dengan Lechia Gdansk tidak memperoleh peluang bermain . Maka, nilai pasarnya statis di angka yang relatif kecil.

Pada periode utang ke FK Senica, Witan mulai memperlihatkan kwalitasnya. Mungkin harga pasar Witan akan alami peralihan pada penyempurnaan data terkini kelak.

Egy Maulana Vikri (Rp2,7 Miliar)

Meniti karier di Eropa semenjak 2019 tidak lalu membuat nilai pasar Egy Maulana Vikri melesat. Sekarang ini, Egy punyai nilai pasar 175 ribu euro (Rp2,7 Miliar).

Jumlah itu pasti masih di bawah nilai pasar pemain Indonesia yang lain merumput di Eropa. Tetapi, Egy alami peningkatan semenjak bela FK Senica di awal musim ini.

Egy Maulana Vikri mempunyai performa yang mengagumkan. Bukanlah hal yang tidak mungkin jika dalam kurun waktu dekat nilai pasarnya akan bertambah.

Saddil Ramdani (Rp3,9 Miliar)

Saddil Ramdani mempunyai nilai pasar sejumlah 250 ribu euro (Rp3,9 miliar). Jumlah itu dicapai Saddil Ramdani sesudah tampil mengagumkan bersama club Malaysia, Sabah FC.

Nilai pasar Saddil perlahan-lahan bertambah sesudah membulatkan tekad meniti karier di luar negeri. Walau sebenarnya, saat masih di Persela Lamongan Saddi punyai harga 150 ribu euro (Rp2,3 miliar).

Saddil Ramdani sekarang jadi unggulan di baris serang Sabah FC. Pemain berumur 23 tahun itu telah mengepak 20 performa dan sukses cetak 4 gol dan tiga assist.

Pratama Arhan (Rp 5 Miliar)

Pratama Arhan sekarang ini mempunyai nilai pasar 325 ribu euro (Rp5 miliar). Nilai itu dicapai Pratama Arhan semenjak sanggup tembus tim khusus PSIS Semarang.

Saat memperoleh kiprah di Liga 1, Pratama Arhan mempunyai nilai 75 ribu euro (Rp1,1 miliar). Banyaknya semakin bertambah bersamaan performa gemilangnya di baris belakang PSIS Semarang.

Nilai pasar Pratama Arhan dipercaya akan terus alami kenaikan. Apa lagi sekarang ini Arhan akan bermain bersama club Jepang, Tokyo Verdy.

Asnawi Mangkualam (Rp5,8 Miliar)

Asnawi Mangkualam jadi pemain Indonesia dengan nilai pasar tertinggi yang bermain di luar negeri. Pemain berumur 22 tahun itu sekarang ini mempunyai nilai pasar 375 ribu euro (Rp5,8 miliar).

Jumlah itu alami kenaikan sesudah Asnawi Mangkualam tergabung dengan Ansan Greeners FC pada 2021. Awalnya, Asnawi mempunyai harga 200 ribu euro (Rp3,1 miliar) saat masih bela PSM Makassar.

Harga tinggi yang dipunyai Asnawi sesuai dengan performanya di Ansan Greeners FC. Pemain Tim nasional Indonesia itu selama ini telah mengepak 19 performa untuk club Korea Selatan itu.